Pages

Selasa, 09 Agustus 2011

Perangkat Jaringan


 Kartu jaringan

Contoh dari sebuah kartu jaringan Ethernet yang memiliki dua jenis konektor (BNC dan UTP)
Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC EthernetToken Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagaiNetwork Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.



Modem
adalah singkatan dari MOdulator DEModulator.
MOdulator adalah merupakan bagian yang mengubah sinyal Informasi kedalam sinyal Pembawa dan siap untuk dikirimkan,
sedangkan DEmodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi ( yang berisi data atau Pesan)
dari sinyal pembawa yang di terima sehinnga informasi tersebut dapat di terima dengan baik.
JIKA Di sekolah saya modem bisa di Artikan Sebagai ( adalah Perangkat yang merubah sinyal,
 yaitu dari sinyal digital menjadi sinyal analog, atau sinyal analog menjadi sinyal digital).

CSU/DSU
sama seperti Modem, hanya saja CSU/DSUmengirim data dalam format digital melalui jaringantelephone digital. 
CSU/DSU biasanya berupa kotak fisik yang merupakan dua unit yang terpisah: CSU atau DSU
Sebuah CSU / DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit) adalah antarmuka digital-alat
 yang digunakan untuk menghubungkan Data Terminal Equipment perangkat atau DTE,
 seperti router, untuk rangkaian digital (misalnya T1 atau T3 line).
Bridge

Bridge digunakan untuk menghubungan antar jaringan yang mempunyai protokol yang sama. Hasil akhirnya adalah jaringan logis tunggal.
 Bridge juga dapat digunakan jaringan yang mempunyai media fisik yang berbeda. 
Contoh jaringan yang menggunakan fiber obtik dengan jaringan yang menggunakan coacial.
Bridge mempelajari alamat tujuan lalulintas yang melewatinya dan mengarahkan ke tujuan. Juga digunakan untuk menyekat jaringan. Jika jaringan diperlambat dengan adanya lalulintas yang penuh maka jaringan dapat dibagi menjadi dua kesatuan yang lebih kecil.


Switch

Merupakan pengembangan dari konsep Bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, 
yaitu cut-through dan store and forward.Switch cut-through mempunyai kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, 
switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tijuannya, sedangkan switch store and forward merupakan kebalikannya
. Switch ini menerima dan memeriksa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan untuk memeriksa satu paket merlukan waktu,
 tetapi proses ini memungkinkan switch mengetahui adanya kerusakan pada paket data dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan.





7.Router










Router

Router tidak mempunyai kemampuan untuk mempelajari, namun dapat menentukan path (alur) data antara dua jaringan yang paling eficien. 
Router beroperasi pada lapisan Network (lapisan ketiga OSI.). Router tidak mempedulikan topologi dan tingkat acces yang digunakan oleh jaringan. 
 Karena ia beroperasi pada lapisan jaringan. Ia tidak dihalangi oleh media atau protokol komunikasi. Bridge mengetahui tujuan ahir paket data,
 Router hanya mengetahui dimana router berikutnya ditempatkan. Ia dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan protokol tingkat tinggi yang sama.
Jika paket data tiba pada router, ia menentukan rute yang terbaik bagi paket dengan mengadakan pengecekan pada tabel router. Ia hanya melihat hanya melihat paket yang dikirimkan kepadanya oleh router sebelumnya.
   







0 komentar:

Posting Komentar